Kamis, 22 Maret 2012


Download sofware aksara Jawa

Posted by tackim prakoso
Adsense Content. recommended 336 X 300

tutwuri handayani
Generasi muda saat ini masyarakat Jawa Tengah khususnya, hampir tidak ada yang paham dengan aksara Jawa. Mengapa? Ada banyak faktor, salah satunya karena menulis dengan aksara Jawa tak diberikan untuk mata pelajaran di sekolah. Sehingga siswa pun tidak pernah kenal yang namanya aksara Jawa. Jangankan menulis aksara Jawa, sedangkan pelajaran menggunakan Bahasa Jawa saja jarang yang dijadikan sebagai mata pelajaran. Hingga terkadang saya melihat banyak anak kecil yang tidak tahu bagaimana bersopan santun dengan orang yang usianya jauh di atasnya.
Saya pribadi sangat berharap bahasa Jawa, huruf Jawa maupun kebudayaan Jawa tidak akan lenyap dari Suku Jawa sendiri. Tetapi saya tidak akan membahas hal tersebut lebih luas, mungkin di artikel selanjutnya saya akan mencoba menulisnya.

Karena jaman sekarang sudah memasuki era digital yang serba komputer, maka para ahli sofware pun menciptakan sofware yang bisa digunakan untuk menulis di komputer. Dengan adanya sofware tersebut diharapkan generasi muda akan lebih mengenal dan tertarik dengan huruf Jawa yang unik dan tidak ada duanya di dunia.

Sofware tersebut bisa digunakan untuk menuliskan huruf Jawa di Office word, CorelDraw, Photoshop maupun program grafis lainnya. Sementara ini saya sertakan 2 sofware menulis huruf Jawa, yaitu Carakan dan Pallawa. Untuk mendownloadnya silahkan klik link di bawah ini:

1. Download Carakan (1.972 KB)

2. Download Pallawa (738 KB)

Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar