Kamis, 22 Maret 2012


Cara menulis Jawa di komputer dengan sofware Pallawa

Posted by tackim prakoso
Adsense Content. recommended 336 X 300
Melengkapi artikel sebelumnya Cara translate huruf latin ke huruf Jawa dengan carakan, selanjutnya saya ingin sedikit bebagi bagaimana cara  menulis Jawa di komputer dengan sebuah sofware yang diberi nama Pallawa. Dengan Pallawa anda dapat menuliskan huruf/kalimat Jawa dengan mudah.

Sofware yang satu ini sangat lengkap, mulai dari pasangan, cecek, layar, wignyan dan sebagainya. Bagi yang benar-benar mengerti pemakaian sandangan huruf Jawa maka cara penulisannya akan sempurna. Penggunaan sandangan dari sofware inipun sangat mudah, anda tinggal klik-klik saja.

Untuk lebih jelasnya, disini saya sertakan sedikit gambaran cara menggunakan sofware tersebut.

1. Download Pallawa di sini.

2. Setelah anda selesai, karena filenya berbentuk rar maka klik kanan dan extract file rarnya.

3. Jika sudah, buka folder hasil extract tadi. Klik 2 kali icon bergambar huruf Jawa.
4. Nah, sekarang anda bisa memulai aksara/kalimat yang anda inginkan, dan hasil ketikan anda otomatis akan tampak pada kotak di bawahnya.
5. Bagi anda yang paham betul tentang penulisan bahasa sandangan bahasa Jawa yang benar, anda dapat menggunakan cecek, layar, wignyan dan sebagainya

6. Setelah anda selesai menuliskan kalimat yang anda inginkan, silahkan print jika anda ingin langsung menggunakan outputnya, atau anda bisa menyimpannya.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar